A. Pengertian Pasar dan
Pemasaran
Pengertian
pasar secara umum sering di kenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli
untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang dan jasa yang bertujuan untuk
dapat memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengertian pasan secara konsep pemasaran
adalah kelompok individual (perorangan atau kelompok) yang mempunyai permintaan
terhadap barang dan jasa tertentu, daya beli, dan berniat merealisasikan
pembelian.
Beberapa
definisi mengenai pemasaran, diantaranya :
·
Menurut
Philip kloter pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses pertukaran.
·
Menurut
William J. stanton pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang
ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan,
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun
pembeli potensial.
B. Jenis-jenis Pasar
1.
Pasar persaingan Sempurna
Adalah struktur pasar atau industri dimana
terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat
mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-cirinya : Jumlah penjual dan pembeli sangat
banyak, Barang yang diperdagangkan serba sama, Masing-masing penjual hanya
berperan sebagai price taken (yang menetapkan harga).
2.
Pasar Monopoli ( milik Pemerintah )
Adalah suatu bentuk intnteraksi antara
permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan
banyak pembeli. Ciri-cirinya : Harga ditentukan satu perusahaan, Tidak terdapat
barang pengganti yang mirip atau sama (clouse substitution), Tidak terdapat
kemingkinan untuk masuk kedalam industry.
3.
Pasar Persaingan Monopolistik
Adalah suatu bentuk interksi yang sama
antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang
menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-cirinya :
Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar, Barang yang dijual
diferentiaten, Setiap penjual atau produsen aktif melakukan produksi dan iklan.
4.
Pasar Oligopoly
Adalah suatu bentuk interaksi permintaan
dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai
seluruh permintaan pasar.
Ciri-cirinya : Terdapat
beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar, Barang yang diperjual
belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk), Terdapat hambatan
yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam
pasar.
C. Konsep inti Pemasaran
· Konsep Produksi :
Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan
manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi.
· Konsep Produk :
Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang
mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya.
· Konsep Penjualan :
Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha
promosi dan penjualan dengan baik.
D. Bauran Pemasaran
Arus
informasiatau persuasi satu arahyang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau
organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
E. Tujuan Sistem Pemasaran
Memaksimumkan
mutu hidup : Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan dan harga
pokok barang ; mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur.
F. Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
·
Pendekatan Serba Fungsi
·
Pendekatan Serba Lembaga
·
Pendekatan Serba Barang ( Pendekatan Organisasi
Industry )
·
Pendekatan Serba Manajemen
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar