Jumat, 11 November 2011

6. Pemasaran

A. Pengertian Pasar dan Pemasaran


Pengertian pasar secara umum sering di kenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang dan jasa yang bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengertian pasan secara konsep pemasaran adalah kelompok individual (perorangan atau kelompok) yang mempunyai permintaan terhadap barang dan jasa tertentu, daya beli, dan berniat merealisasikan pembelian.

Beberapa definisi mengenai pemasaran, diantaranya :

·         Menurut Philip kloter pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses pertukaran.

·         Menurut William J. stanton pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

B. Jenis-jenis Pasar

1.       Pasar persaingan Sempurna

Adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-cirinya : Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak, Barang yang diperdagangkan serba sama, Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taken (yang menetapkan harga).

2.      Pasar Monopoli ( milik Pemerintah )

Adalah suatu bentuk intnteraksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli. Ciri-cirinya : Harga ditentukan satu perusahaan, Tidak terdapat barang pengganti yang mirip atau sama (clouse substitution), Tidak terdapat kemingkinan untuk masuk kedalam industry.

3.      Pasar Persaingan Monopolistik

Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-cirinya : Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar, Barang yang dijual diferentiaten, Setiap penjual atau produsen aktif melakukan produksi dan iklan.

4.      Pasar Oligopoly

Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.  Ciri-cirinya : Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar, Barang yang diperjual belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk),  Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.

C. Konsep inti Pemasaran

·      Konsep Produksi : Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi.

·      Konsep Produk : Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya.

·      Konsep Penjualan : Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan dengan baik.

D. Bauran Pemasaran

Arus informasiatau persuasi satu arahyang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

E. Tujuan Sistem Pemasaran

Memaksimumkan mutu hidup : Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur.

F. Pendekatan dalam mempelajari pemasaran

·         Pendekatan Serba Fungsi
·         Pendekatan Serba Lembaga
·         Pendekatan Serba Barang ( Pendekatan Organisasi Industry )
·         Pendekatan Serba Manajemen



Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

Jumat, 11 November 2011

6. Pemasaran


A. Pengertian Pasar dan Pemasaran


Pengertian pasar secara umum sering di kenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang dan jasa yang bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengertian pasan secara konsep pemasaran adalah kelompok individual (perorangan atau kelompok) yang mempunyai permintaan terhadap barang dan jasa tertentu, daya beli, dan berniat merealisasikan pembelian.

Beberapa definisi mengenai pemasaran, diantaranya :

·         Menurut Philip kloter pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses pertukaran.

·         Menurut William J. stanton pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

B. Jenis-jenis Pasar

1.       Pasar persaingan Sempurna

Adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-cirinya : Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak, Barang yang diperdagangkan serba sama, Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taken (yang menetapkan harga).

2.      Pasar Monopoli ( milik Pemerintah )

Adalah suatu bentuk intnteraksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli. Ciri-cirinya : Harga ditentukan satu perusahaan, Tidak terdapat barang pengganti yang mirip atau sama (clouse substitution), Tidak terdapat kemingkinan untuk masuk kedalam industry.

3.      Pasar Persaingan Monopolistik

Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-cirinya : Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar, Barang yang dijual diferentiaten, Setiap penjual atau produsen aktif melakukan produksi dan iklan.

4.      Pasar Oligopoly

Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.  Ciri-cirinya : Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar, Barang yang diperjual belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk),  Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.

C. Konsep inti Pemasaran

·      Konsep Produksi : Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi.

·      Konsep Produk : Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya.

·      Konsep Penjualan : Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan dengan baik.

D. Bauran Pemasaran

Arus informasiatau persuasi satu arahyang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

E. Tujuan Sistem Pemasaran

Memaksimumkan mutu hidup : Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur.

F. Pendekatan dalam mempelajari pemasaran

·         Pendekatan Serba Fungsi
·         Pendekatan Serba Lembaga
·         Pendekatan Serba Barang ( Pendekatan Organisasi Industry )
·         Pendekatan Serba Manajemen



Sumber :

0 komentar on "6. Pemasaran"

Posting Komentar