A.
Benturan dengan Kepentingan Masyarakat
Proses produksi seringkali menyebabkan
benturan kepentingan(masyarakat dengan perusahaan). Terjadi pada berbagai
tingkat perusahaan(besar, menengah dengan perusahaan). Benturan ini terjadi
kerap kali karena perusahaan menimbulkan polusi(udara, air,limbah,suara bahkan
mental kejiwaan ).
Dalam menunaikan tanggung jawab sosial, perusahaan dituntut untuk menghindari etika bisnis. Hal-hal pendorong dilaksanakannya etika bisnis :
Dalam menunaikan tanggung jawab sosial, perusahaan dituntut untuk menghindari etika bisnis. Hal-hal pendorong dilaksanakannya etika bisnis :
·
Dorongan
dari pihak luar, dari lingkungan masyarakat seringkali menghadapi kendala
berupa adanya biaya tambahan yang kadang cukup besar bagi perusahaan dan
diperhitungkan biaya tambahan untung-rugi usaha
·
Dorongan dari dalam bisnis
itu sendiri, sisi humanism pebisnis yang melibatkan rasa,karsa,karya yang ikut
mendorong diciptakanya etika bisnis yang baik dan jujur. Penerapan prinsip
manejemen terbuka hubungan industrial pancasila, pengendalian mutu terpadu
dengan gugus kendali mutunya merupakan contoh penerapan manejemen yang
berorientasi hubungan kemanusian.
B.
Dorongan Tanggung Jawab Sosial
Klasifikasi masalah sosial yang mendorong
pelaksanaan tanggung jawab social pada sebuah bisnis sebagai berikut :
·
Penerapan manajemen orientasi kemanusian
Kegiatan intern yang muncul bersifat sangat
kaku,keras, zakeliyl ( saklek ) , birokratik, dan otoriter. Prosedur
administrasi serta jenjang kewenangan yang berbelit-berbelit sering menyebabkan
tekanan batin bagi para pebisnis maupun pahak lain yang berhubungan kurang
manusiawi pun kerap terjadi antara perusahaan dengan pihak luar (
pelanggan,masyarakat umum ).
Manfaat penerapan manajemen orientasi
kemanusiaan penerapan akan menimbulkan hubungan yang serasi, selaras dan
seimbang antara pelaku bisnis dan pihak luar secara rinci, manfaat tersebut
adalah :
a)
Peningkatan
moral kerja karyawan yang berakibat membaiknya semangat dan produktivitas
kerja.
b)
Adanya
partisipasi bawahan dan timbulnya rasa ikut memiliki sehingga tercipta kondisi
manajemen partisipasif.
c)
Penurunan absen
karyawan yang disebabkan kenyaman kerja sebagai hasil hubungan kerja yang
menyenangkan dan baik.
d)
Peningkatan mutu
produksi yang diadakan oleh terbentuknya rasa percaya diri karyawan.
e)
Kepercayaan
konsumen yang meningkatkan dan merupakan dasar bagi perkembangan selanjutnya
dari perusahaan.
·
Ekologi dan gerakan pelestarian lingkungan
Ekologi, yang menitikberatkan pada
keseimbangan antara manusia dan alam lingkunganya banyak dipengaruhui oleh
proses produksi. Sebagai contoh maraknya penebangan hutan sebagai bahan dasar
industry perkayuan. Perburuan kulit ular yang diperuntukan industry kerajinan
kulit. Penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak maupun racun yang
merusak alam sekitar.
·
Penghematan energy
Pengurasan secara besar-besaran energy yang
berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti
minyak,batubara dan gas telah banyak terjadi. Kesadaran bahwa sumber daya
tersebut tidak dapat diperbaharui telah mendorong dilaksanakanya proses
efisiensi serta mencari pengganti sumber daya tersebut. Yang dapat disebut
dengan sumber energy alternative diantaranya adalah pemanfaatan tenaga
surya,nuklir,angin,air serta laut.
Kesadaran masyarat pebisnis terhadap suksesnya pembangunan sangat diperlukan. Karena dengan adanya kesadaran tersebut, akan membantu pemerintah menangani masalah pengangguran dengan cara ikut melibatkan penggunaan tenaga kerja yang ada, sebagai bentuk tanggung jawab social pada lingkungan sekitar perusahaan beroprasi.
·
Gerakan kosumerisme
Awal perkembangannya tahun 1960an di Negara
barat yang berhasil memberlakukan undang-undang perlindungan konsumen yang
meliputi beragam aspek,mulai dari perlindungan atas praktik penjualan paksa
samapi pemberian izin lisensi bagi para petugas reparasi alat rumah tangga.
a)
Memperoleh
perhatian and tindakan nyata dari kalangan bisnis terhadap keluhan konsumen
atas praktek bisnisnya.
b)
Pelaksanaan strategi
advertensi/periklanan yang realistic dan mendidik serta tidak menyesatkan
masyarakat.
c)
Disenggarakan
panel-panel diskusi antara wakil konsumen dengan produsen.
d)
Pelayalan purna jual
lebih baik.
e)
Berjalannya
proses public relation ( PR ) yang lebih menitikberatkan pada kepuasa konsumen
dari pada promosi semata.
C.
Etika
Bisnis
Etika bisnis
adalah penerapan secara langsung tanggung jawab social suatu bisnis yang timbul
dari pihak internal, dalam hal ini biasanya dari kebijakan – kebijakan yang
ditetapkan oleh pimpinan perusahaan.
·
Hubungan antara bisnis dengan konsumen
Hubungan antara
bisnis dengan pelanggan / konsumen, merupakan hubungan paling dasar dalam suatu
bisnis, biasanya mengenai kualitas produk, kemasan, cara berpromosi, dan
layanan purna jual. Berikut beberapa contoh :
a)
Kemasan
yang berbeda-beda menyulitkan kosumen untuk membandingkan harga terhadap produk
b)
Kemasan
membuat konsumen tidak dapat mengetahui isi didalamnya, sehingga diperluka
penjelasan tentang isi serta kandungan yang terdapat dalam produk tersebut.
c)
Promosi,
terutama iklan merupakan gangguan etis tang paling utama.
d)
Pemberian
servis dan garansi sebagai bagian dari layanan purna jurnal.
·
Hubungan dengan karyawan
Bentuk hubungan ini meliputi : penerimaan (
recruitment ), latihan ( training ), promosi, transfer, demosi maupun
pemberhenti ( termination ). Dimana semua bentuk hubungan tersebut harus
dijalan secara objektif dan jujur.
·
Hubungan antara bisnis
Pemberian informasi hubungan yang terjadi
diantara perusahhan, baik perusahaan kolega,pesaing,penyalur,grosir maupun
distributornya.
·
Hubungan dengan investor
Pemberian informasi yang benar terhadap
investor maupu calon investor merupakan bentuk hubungan ini. Sehingga dapat
menghimdari pengambilan keputusan yang keliru.
·
Hubungan dengan lembaga
keuangan, terutama jawatan pajak
Pada umumnya merupakan hubungan yang
bersifat financial, berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan. Pelaksanaan
tanggung jawab social merupakan penerapan dan pelaksanaan kepedulian bisnis
terhadap lingkungan serta mengikuti etika bisnis. Penerapan etika bisnis adalah
maksud dari konsep stakcholder yang berlawan dengan konsep stockholder.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar