Jumat, 11 November 2011

1. Ruang Lingkup Bisnis

A.   Pengertian Bisnis dan Jenisnya

Bisnis adalah suatu usaha yang memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas dengan motif mencari keuntungan atau tidak. Manusia bisnis adalah orang yang mampu melihat kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba melayani secara baik sehingga masyarakat menjadi senang dan puas.

Aspek-aspek dari pengertian Bisnis :

·         Berupa barang dan jasa.
·         Menghasilkan keuntungan.
·         Memenuhi kebutuhan masyarakat.
·         Kegiatan suatu usaha.

Adapun Jenis-jenis Bisnis :

1.     Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Perlu diteliti lebih jauh dampak fenomena ini, apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan Monopsoni sehingga tingkat kesejahteraan petani berpengaruh.

2.    Monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.

Karakteristik pasar monopoli biasanya hanya terdapat produsen/perusahaan tunggal sehingga produk tidak memiliki subsitusi, ada hambatan bagi perusahaan baru untuk masuk kedalam pasar tersebut, perusahaan sebagai penentu harga produk dipasar (price-maker).

3.    Oligopoly adalah suatu bentuk pasar yang didalamnya terdapat beberapa penjual terhadap 1 komoditi sehingga tindakan 1 penjual akan mempengaruhi tindakan penjual lainnya. Jika produknya homogen disebut oligopoli murni (pure oligopoly). Jika produknya berbeda corak disebut oligopoli beda corak (differentiated oligopoly).

Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

4.    Oligopsoni, adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.


B.  Tujuan Kebijaksanaan Bisnis

Bisnis bertujuan untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun, tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

C.  Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
1.   Perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme :
  a. sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian.
  b. sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.
2. Perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan.
  a. Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian.
  b. Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik.

D.  Kesempatan Bisnis atau Usaha

Kesempatan berbisnis atau membuka usaha baru dijaman seperti ini sedang semarak-semaraknya. Karena dengan berbisnis dan menjadi pengusaha kita dapat memperoleh banyak keuntungan dan mampu membantu masyarakat. Kesempatan Bisnis/Usaha dapat dimulai karena kegemaran kita terhadap sesuatu. Misalnya, jika kita suka makan maka kita bisa memulai usaha dengan berbisnis macam-macam makanan. Adapun jika kita suka mengoleksi film dan menonton film, kita dapat memulai usaha dengan berbisnis jual-beli dvd film, dll.

Maka kesimpulannya, bahwa kesempatan bisnis/usaha dapat dimulai karena hobby atau kegemaran yang kita miliki. Dari situlah kita dapat mengetahui seberapa besar peluang usaha dan keuntungan dari bisnis tersebut.

E.   Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi

Keinginan Manusia
Keinginan Manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang bisnis. Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Sumber Daya
Sumber daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi. Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka seharusnya pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup.

F.  Hakikat Bisnis

Hakikat Bisnis Adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

Jumat, 11 November 2011

1. Ruang Lingkup Bisnis


A.   Pengertian Bisnis dan Jenisnya

Bisnis adalah suatu usaha yang memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas dengan motif mencari keuntungan atau tidak. Manusia bisnis adalah orang yang mampu melihat kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba melayani secara baik sehingga masyarakat menjadi senang dan puas.

Aspek-aspek dari pengertian Bisnis :

·         Berupa barang dan jasa.
·         Menghasilkan keuntungan.
·         Memenuhi kebutuhan masyarakat.
·         Kegiatan suatu usaha.

Adapun Jenis-jenis Bisnis :

1.     Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Perlu diteliti lebih jauh dampak fenomena ini, apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan Monopsoni sehingga tingkat kesejahteraan petani berpengaruh.

2.    Monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.

Karakteristik pasar monopoli biasanya hanya terdapat produsen/perusahaan tunggal sehingga produk tidak memiliki subsitusi, ada hambatan bagi perusahaan baru untuk masuk kedalam pasar tersebut, perusahaan sebagai penentu harga produk dipasar (price-maker).

3.    Oligopoly adalah suatu bentuk pasar yang didalamnya terdapat beberapa penjual terhadap 1 komoditi sehingga tindakan 1 penjual akan mempengaruhi tindakan penjual lainnya. Jika produknya homogen disebut oligopoli murni (pure oligopoly). Jika produknya berbeda corak disebut oligopoli beda corak (differentiated oligopoly).

Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

4.    Oligopsoni, adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.


B.  Tujuan Kebijaksanaan Bisnis

Bisnis bertujuan untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun, tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

C.  Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
1.   Perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme :
  a. sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian.
  b. sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.
2. Perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan.
  a. Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian.
  b. Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik.

D.  Kesempatan Bisnis atau Usaha

Kesempatan berbisnis atau membuka usaha baru dijaman seperti ini sedang semarak-semaraknya. Karena dengan berbisnis dan menjadi pengusaha kita dapat memperoleh banyak keuntungan dan mampu membantu masyarakat. Kesempatan Bisnis/Usaha dapat dimulai karena kegemaran kita terhadap sesuatu. Misalnya, jika kita suka makan maka kita bisa memulai usaha dengan berbisnis macam-macam makanan. Adapun jika kita suka mengoleksi film dan menonton film, kita dapat memulai usaha dengan berbisnis jual-beli dvd film, dll.

Maka kesimpulannya, bahwa kesempatan bisnis/usaha dapat dimulai karena hobby atau kegemaran yang kita miliki. Dari situlah kita dapat mengetahui seberapa besar peluang usaha dan keuntungan dari bisnis tersebut.

E.   Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi

Keinginan Manusia
Keinginan Manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang bisnis. Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Sumber Daya
Sumber daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi. Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka seharusnya pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup.

F.  Hakikat Bisnis

Hakikat Bisnis Adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.

Sumber :

0 komentar on "1. Ruang Lingkup Bisnis"

Posting Komentar